Sabtu, 04 April 2020

Menulis momen special saat mengajar





Narasumber : Munif Chatib
Moderator: Om Jay

Pada pertemuan Ke-6 dilaksanakan pada
Hari    :  Jumat, 3 April 2020
Pukul  : 19.00 WIB – 21.30 WIB


Diawali dengan salam, dipandu om Jay . sementara WA group di buat searah. Kalau ada peserta yang mau bertanya langsung WA ke HP om Jay. Waktu selanjutnya diberikan kepada pak Munif Chatib. Beliau menyapa peserta dengan salam dan disuruh membuka link materi . Peserta diberi waktu untuk menyimak materi yang disampaikan kurang lebih 13 menit. Konten dari materi dalam menulis moment special harus diperhatikan 5 pintu:


Momen Spesial adalah kejadian khusus yang terjadi dalam proses pembelajaran antara guru dengan siswa, bail di dalam maupun di luar kelas

Momen Spesial mempunyai potensi untuk masuk ke memori jangka panjang


Momen Spesial meliputi:
A. Perubahan motivasi
Siswa semula tidak minat menjadi berminat, atau sebaliknya.

B. Perubahan kemampuan
Semula siswa tidak mampu menjadi mampu, atau malah sebalinya

C. Perubahan sikap
Semula siswa tidak rajin menjadi rajin, atau sebaliknya


D. Proses pembelajaran ada 3 tahab, yaitu, Pendahuluan, Kegiatan inti dan Penutup

Setiap tahapan proses belajar mempunyai peluang terjadinya momen special( Menjadi Bahan Baku Untuk Menulis)

Mengapa momen special harus ditulis ?, karena:
a.    Pembaca tak akan lupa seumur hidup, sebab masuk memori jangka Panjang
b.    Potensi tulisan yang dibaca, dikenang, dibagi, dan dicari
c.    Mudah ditulis, artikel bebas, tidak ketat aturan artikel ilmiah


E. momen special yang masuk memori jangka Panjang :
1. First Experience, kejadian yang berhubungan dengan “apapun pengalaman pertamanya”
2.    Relevance, kejadian yang berhubungan dengan topik, kondisi siswa
3.    Rehearsal, kejadian yang berulang-ulang
4.    Emotional, kejadian yang berhubungan dengan rasa panik, bahagia
5. Survival, kejadian yang tidak normal, perlu di “hundle” atau di “tecle”, yang mengandung unsur dalam kehidupan


Tahapan Menulis Spesial Momen:

1.    Catat/ rekam
Kejadian momen special ditulis atau direkam , jangan ditunda

2.    Elaborasi
Mencari data – data pendukung terhadap momen special .Bisa berupa data, fakta, bertanya maupun imajinasi

3.    Menulis
Dalam hal ini momen special ditulis dalam bentuk “artikel bebas”

{ Dalam materinya diberikan contoh pdf. “ 80 menit di kelas Neraka”, oleh Munif Chatib }
Setelah  dijelaskan melalui link, dilanjutkan tanya jawab antara lain:
[19:53, 4/3/2020] PGRI menulis: Harus dibedakan antara guru keras dan guru tegas. Guru killer adalah sebutan untuk guru keras. Ciri2nya, guru keras berdampak akan dijauhi, dihindari oleh siswa. Namun guru tegas, sebaliknya, akan dirindukan oleh siswanya. Perayalah zaman sekarang, siswa kita butuh guru yg tegas. Kedisiplinan yg diterapkan oleh guru tegas akan menjadi unsur siswa suka kepada gurunya.
[19:54, 4/3/2020] PGRI menulis: Ada 3 cara sederhana mejadi guru tegas, 1. Kita menjadi gurunya, orang yg memberikan ilmu. 2. Kita menjadi orantuanya, kita memberikan nasihat2. 3. Kita menjadi sahabat siswa, dengan membuka diri untuk menerima curhat dari siswanya. Hanya yg perlu diperhatikan adlah WAKTU. Kapan kita harus jadi guru, orangtua, dan sahabat siswa2 kita.


Dari materi dan tanya jawab tentang menulis momen special dapat disimpulkan :
1. Momen special dapat menggugah kita untuk menulis,
2. Untuk awal tulis saja semampu kita tanpa kita khawatir dalam kaidah penulisan
3. Tuangkan semua kejadian special ke dalam tulisan kita
4. Guru harus dapat memainkan 3 peran secara kondisional;yaitu menjadi guru, orang tua maupun menjadi sahabat bagi siswa
5. Saya semakin termotivasi untuk menulis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Barakallah Fii umriik sayang

Barakallah fii umriik anakku  Engkau yang menjadi pertama penghuni rahimku  Malaikat kecil yang tumbuh dan berkembang  Hingga me...